Home Pantai Belitung

Pantai Belitung

PANTAI BATU BEDIL
Pantai Batu Bedil terletak di desa Sungai Padang Kabupaten Belitung, merupakan salah satu pantai yang eksotik, pantai yang berpasir putih, berair laut biru dan jernih, dan batu karang yang beraneka warna mempesona, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pantai ini memilki panorama alam pantai dengan legenda batu lubang yang mengeluarkan suara mirip meriam. Pembentukan batu lubang dan suara mirip meriam dapat dijelaskan dari sisi geologis sebagai proses pembentukan alam di pantai Batu Bedil

GPS/Garmin: -2.5843157,107.9041779

PANTAI BUKIT BERAHU

Pantai Bukit Berahu terletak di Desa Tanjung Binga, 18 km dari Kota Tanjungpandan. Pantai ini memiliki sebuah restoran diatas bukit,sambil menikmati makanan, anda dapat melihat pemandangan cantik nan mempesona. Dilengkapi kolam renang serta cottage yang bersih dan nyaman  berada ditepi pantai sehingga membawa suasana sejuk dan menyenangkan.

PANTAI GUSONG BUGIS

Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka-Belitung (Babel) ternyata masih menyimpan obyek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan. Potensi itu juga membawa harapan baru bagi warga di sekitarnya. Nama obyek wisata potensial itu yakni Pantai Gusong Bugis di Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan. Dari pantai ini, setiap orang bisa melihat dengan jelas deretan hotel di Pantai Tanjungpendam. Kalau naik boat, dari dermaga Pasar Ikan Tanjungpandan kurang lebih 20 menit.

PANTAI IMPIAN

Pantai Impian terletak di sebelah Pantai Awan Mendung. Membalong.

PANTAI KETAPANG

Pantai Ketapang terletak tepat di sebelah Pantai Tanjung Tinggi, di tepi jalan menuju Sijuk. Pantai nan luas dan landai ini dihiasi batuan granit di sisi kiri dan pasir putih yang membentang lebar di sisi kanan. Jika air laut surut, maka kita dapat berjalan kaki hingga ke tengah. Tepian Pantai Ketapang ditumbuhi pohon simpor dan terdapat beberapa ayunan kayu serta hammock yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati pesona alam yang indah.

PANTAI MARANGBULO

Pantai Marangbulo terletak di selatan Pulau Seliu, pulau yang terkenal sebagai penghasil emping melinjo. Pantai ini dapat ditempuh dengan naik motor sekitar 15-20 menit melewati jalan setapak dan belum beraspal. Pasir putih membentang sepanjang pantai dan di tengah-tengah ada batu-batu granit ciri khas pantai-pantai di Belitung. Saat terbaik mengunjungi pantai ini adalah sore hari, saat menjelang sunset dan air laut sudah pasang.

PANTAI PASIR PANJANG

Sesuai dengan namanya Pantai Pasir Panjang, pantai yang terletak di Desa Gual ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pasir putih dan halus, air laut yang tenang, serta langit biru cerah menciptakan komposisi yang indah di Pantai Pasir Panjang. Beberapa perahu nelayan juga terlihat di pantai ini. Kondisinya yang masih sepi dan belum banyak terjamah tangan manusia menjadikan Pantai Pasir Panjang sangat cocok digunakan sebagai tempat melepas penat.

PANTAI PENDAUANAN

Pantai pendaunan terletak di Jl. Raya Sijuk – Tanjung Tinggi, Sijuk, Belitung merupakan pantai indah dengan hamparan pasir putih, airnya yang jernih dan ombak yang relatif kecil sehingga anda dapat berenang dengan nyaman disana.

PANTAI PENYABONG

Pantai Penyabong terletak sekitar 65 km dari Kota Tanjungpandan. Lokasinya yang berada di desa Batu Lubang menjadikan pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Batu Lubang. Sepintas Pantai Penyabong menyerupai Pantai Tanjungtinggi karena dipenuhi gugusan batu granit. Namun keistimawaan Pantai Penyabong adalah adanya batu granit raksasa yang menjorok ke tengah laut laksana dermaga alami. Saat ini Pantai Penyabong mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata utama Kecamatan Membalong. Warung-warung makan sudah ada di pantai ini. Ombak dan angin di Pantai Penyabong lebih besar dibanding Pantai Tanjungtinggi. Karakter pasirnya yang kasar seperti garam akan memberikan sensasi tersendiri saat Anda berjalan tanpa alas kaki di atasnya.

PANTAI PENYAERAN

Pantai Penyaeran. Melewati Sijuk dari arah Tanjung Tinggi, sebelum jembatan sungai Sijuk di sebelah kiri ada jalan masuk. Jalannya di samping sungai tersebut sampai ke muara sungai. Begitu sampai, kita akan disambut oleh sebuah tiang yang sepertinya sebagai petunjuk bagi kapal. Kemudian terdapat beton disisi kanan dan kiri muara. Mungkin diperuntukkan supaya tidak terjadi pendangkalan di muara sungai. Sungai yang cukup besarnya ini kalau dilihat sering dipergunakan untuk keluar masuk kapal nelayan. Muara sungai ini juga terdapat susunan batu-batu yang tidak besar namun cukup menambah keindahan tempat ini. Secara umum pantai ini bersih dan enak untuk dikunjungi khusunya bagi pecinta fotografi. Pasir pantainya berwarna putih mencolok terhampar diantara batu-batu granit yang tidak begitu besar sehingga kita bisa berenang dengan aman tanpa takut ada ombak menerjang, airnya sangat jernih.

PANTAI TANJUNG KELAYANG

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pintu gerbang menuju pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Belitung seperti Pulau Lengkuas, Pulau Babi, Pulau Burung, dan lain-lain. Pantai yang berjarak 27 km dari Kota Tanjungpandan ini menjadi pusat labuh kegiatan Sail Indonesia di Belitung. Selain menikmati keindahan pantai yang mempesona, Anda juga bisa bermain kayak dan snorkeling di pantai ini. Tak hanya itu, di Pantai Tanjung Kelayang juga terdapat Kelayang Beach Cottage dan Kelayang Resto.

Tanjung Kelayang sudah dikenal oleh masyarakat setempat sebagai tempat rekreasi sejak dahulu. Pemandangan paling menarik adalah pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu granit besar yang terletak kira-kira 300 meter dari ujung pantai. Bentuk batu mirip kepala seekor burung, itulah yang menjadikan nama tempat ini sebagai Tanjung Kelayang, dimana Kelayang adalah nama salah satu jenis burung. Penduduk sekitar menamakan batu yang berbentuk seperti kepala burung dengan nama yang lebih istimewa yaitu Batu Garuda.

PANTAI TANJUNG KIRAS

The hidden and virgin beach. Itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan Pantai Tanjung Kiras yang terletak satu garis dengan Teluk Gembira dan Pantai Penyabong. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Awan Mendung ini terletak di balik hutan yang dipenuhi pohon tinggi dan rapat. Keluar dari hutan Anda akan disambut dengan batu granit raksasa yang berbatasan langsung dengan laut dalam. Perpaduan hutan, tebing granit, pasir pantai kecoklatan, dan suara debur ombak menjadikan tempat ini cocok sebagai tempat melarikan diri dari keramaian. Berhubung tidak ada kapal nelayan dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini serasa menjadi milik pribadi. Tidur di atas pasir pantai dan dipayungi rimbunan pepohonan akan menjadi pengalaman tak terlupa.

PANTAI TANJUNG PENDAM

Pantai Tanjung Pendam terletak di Kota Tanjungpandan dengan luas sekitar 22 hektar. Berhadapan dengan pantai ini terdapat Pulau Kalamoa, didalamnya ada tempat peribadatan masyarakat Thionghoa. Untuk memanjakan pengunjung tempat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas berupa, taman rekreasi, panggung hiburan, restoran, pasar seni, arena olahraga, shelter dan fasilitas lainnya. Hampir tiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan sekedar untuk relax, membeli makanan, souvenir dan berfoto ria.

Beragam kegiatan selalu ditampilkan di Pantai Tanjung Pendam, mulai dari festival budaya, festival band, festival layang-layang sampai event olahraga. Menjelang senja kita dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yaitu matahari kembali keperaduannya, tidak heran wisatawan yang datang tidak mau melewatkan begitu saja peristiwa ini. Tempat yang sangat romantis bagi pasangan yang ingin menikmati indahnya matahari tebenam berduaan. Apakah anda ingin menikmatinya juga bersama pasangan anda?

Di Pantai Tanjung Pendam terdapat play ground area, food court, hutan pinus, lapangan olahraga, serta public space yang sering digunakan untuk melangsungkan berbagai acara dari konser musik, pameran, hingga gathering komunitas. Saat malam menjelang, jajaran warung dan cafe yang menyuguhkan life music akan semakin menambah marak suasana. Tiket masuk Pantai Tanjung Pendam sebesar Rp 2.000 / orang (data diperoleh pada Mei 2012, harga dapat berubah sewaktu-waktu).

PANTAI TANJUNG TINGGI

Tanjung tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung. Pantai ini berpasir putih, dan unik karena terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah. Anda bisa naik, berjalan dan melompat diantara granit untuk menikmati pemandangan eksklusif dari setiap sudut anda berdiri. Bentuk dari batu-batu besar itu juga unik, sebagian membentuk gua, yang dapat digunakan berteduh selama hujan.

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu obyek wisata populer di Belitung, terlebih setelah pantai ini dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008. Dari pantai yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Tanjungpandan ini, Anda dapat melihat Pulau Lengkuas lengkap dengan mercusuarnya di kejauhan.

PANTAI TELUK GEMBIRA

Teluk Gembira yang terletak di Kecamatan Membalong adalah memiliki pantai berpasir kecoklatan dan garis pantai yang luas. Pada hari Minggu atau musim liburan, pantai teluk ini akan dipenuhi banyak wisatawan. Tepi Pantai Teluk Gembira ditumbuhi padang rumput dengan bunga-bunga liar, pohon pinus, dan juga pohon kelapa, sehingga bisa dijadikan tempat berpiknik. Di Teluk Gembira juga terdapat dermaga yang menjadi titik penyeberangan menuju Pulau Seliu. Setiap hari pukul 14.00 WIB akan ada kapal reguler yang menuju Pulau Seliu. Sedangkan kapal dari Pulau Seliu akan kembali ke Teluk Gembira pada pukul 07.00 WIB. Tarif kapal menuju Pulau Seliu adalah Rp 10.000 / orang. Namun jika ingin mencarter kapal, Anda bisa membayar Rp 250.000/kapal (data diperoleh pada Mei 2012, harga dapat berubah sewaktu-waktu).