Home Pulau Di Ujung Pelangi

Pulau Di Ujung Pelangi

Bila anda pernah menonton sebuah film fenomenal yang mengangkat keindahan sebuah pulau di Indonesia Barat berjudul “Laskar Pelangi” yang diangkat dari sebuah novel ciptaan pemuda asli Belitung yang bernama Andrea Hirata, maka anda akan mengetahui seberapa indah dan menawannya pulau Belitung. Di Pulau ini terdapat beberapa lokasi pengambilan gambar untuk film tersebut, seperti replika sekolah dasar Muhamadiyah, tempat dimana Lintang dan teman-temannya belajar. Dan pulau Lengkuas dimana menaranya masih berdiri dengan cantik, yang bertempatkan diujung pelangi saat musim hujan tiba. Pulau ini identik dengan sebutan “Laskar Pelangi”, karena banyaknya pelangi yang tampak di pulau ini.

Pulau ini dalam bahasa setempat disebut “Belitong”, adalah sebuah pulau di lepas pantai timur pulau Sumatera yang dahulu dikenal sebagai Billiton. Pulau Belitung diapit oleh selat Gaspar dan selat Karimata. Pulau Belitung tekenal dengan lada putih yang dalam bahasa setempat disebut¬†sahang¬†dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Dan selama beberapa tahun ini menjadi destinasi wisata pulau favorit setelah pulau Bali dan pulau Lombok.

Disini anda akan menemukan pantai-pantai berpasir putih, air laut yang jernih dan hamparan batu granit tersusun abstrak dibeberapa pantainya. Terdapat banyak pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni dan hanya berisikan batu-batu granit, sehingga pulau ini cocok bagi para pencari keindahan panorama alam. Di beberapa pantainya memiliki pasir putih yang bahkan sama halusnya dengan bedak bayi. Memegang pasir putih yang halus adalah sebuah sensasi tersendiri, terutama saat menikmati siraman sinar matahari dengan berbaring diatasnya.

Bebatuan granit yang besar, tersusun abstrak dan bergua, serta dapat dipijaki, akan membuat anda ingin mengabadikan momen tersebut kedalam foto ataupun video. Anda dapat mengambil latar belakang bebatuan granit dan hamparan luas langit biru berawan atau anda ingin bergaya diatas batu granit dengan latar belakang hamparan air laut yang jernih, lengkap dengan langit biru berawan. Semua sudut dan gaya sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto. Berkreasilah untuk mendapatkan momen-momen gambar ataupun video terbaik di pulau ini.

Bila hanya menikmati panorama pantainya belum cukup bagi anda, maka anda dapat mencoba menjatuhkan diri kedalam air lautnya yang sebening kristal. Bermain-mainlah disana dan biarkan diri anda bermain layaknya seorang anak pantai. Ekspresikan berbagai gaya anda melalui foto ataupun video di pantainya yang indah, dan anda dapat memamerkannya kepada teman-teman anda saat pulang nanti.